Kamis, 18 Juli 2013

FWI 2013 Memperkenalkan Wayang Tradisi & Modern

Apakah Anda pernah menonton pertunjukkan wayang secara langsung? Inilah suasana yang tepat untuk memahami kehidupan lewat pesan seni dalam pewayangan dalam Festival Wayang Indonesia 2013.

Untuk generasi muda, pertunjukkan wayang terdengar asing dengan dunia mereka. 

Padahal, seni wayang ini mengandung begitu banyak pelajaran hidup serta nilai positif yang dapat dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan argument inilah seluruh Indonesia, Pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia), Senawangi (Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia), dan juga Museum Wayang kembali mengadakan Festival Wayang Indonesia 2013.

“Wayang adalah masterpiece dunia yang penuh dengan nilai kehidupan. Maka lewat perhelatan ini, kami hendak mempublikasikan beraneka macam wayang yang terdapat di Indonesia agar tetap dilestarikan,” ungkap Ki Asman Budi Prayitno, selaku Ketua Panitia FWI 2013.


Pameran FWI 2013 yang berisi perlombaan antar dalang dari beragam provinsi, terdapat sekitar 13 dalang muda yang berusia 16-30 tahun yang akan berkontribusi. Dengan peserta dari 13 provinsi di Indonesia, di antaranya dari Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Riau, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, NTB, serta Sulawesi Tengah.

“Dengan diselenggarakannya FWI ini akan muncul dalang muda yang profesional,” ungkapnya.

Dalam perhelatan ini, pengunjung bisa menyaksikan wayang kulit purwa versi Yogyakarta, wayang orang, wayang Kampung Sebelah, wayang golek Minang, wayang Potehi, dan banyak jenis wayang laiinya. 

Di area panggung pagelaran, tersedia sejumlah stan yang menjual beragam pernak-pernik wayang bagi Anda yang gemar mengoleksi.

“Ini wayang kulit, tersedia beragam model serta harga, yang paling murah Rp450 ribu hingga lebih dari Rp1 juta. Kalau yang gagangnya berwarna putih lebih mahal ketimbang yang hitam karena telah langka. Itu semua dibuat dari tanduk kerbau,” ungkap Roni.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar