Kamis, 01 Agustus 2013

Festival Sanur Angkat Tema Destinasi Wisata Lingkungan

Gelaran program tahunan Sanur Village Festival (SVF) yang kini memasuki tahun ke delapan akan kembali diselenggarakan pada tanggal 24 sampai 28 September 2013.

Ajang tersebut akan meningkatkan potensi tujuan wisata yang tetap berlandaskan pada pelestarian lingkungan.

Program Sanur Village Festival, yang ditempatkan di Lapangan Inna Grand Bali Beach Hotel, akan menyuguhkan  ajang reguler maupun aktivitas baru, seperti turnamen ikan koi, lari gembira, hingga penanaman pohon sebagai dedikasi bagi kelestarian lingkungan.

"Penanaman pohon langka dan mangrove adalah bagian program lingkungan yang konsisten dilaksanakan sejak SVF I pada delapan tahun yang lalu," ungkap Ida Bagus Gede Sidharta Putra, selaku Ketua Yayasan Pembangunan Sanur (YPS) di Denpasar, Bali.


Tema yang diangkat, yaitu "Segara Giri", sangat penting dengan wacana lingkungan yang saat ini tengah berkembang. Konsep ini sekaligus sebagai tanggapan atas berita tak sedap atas lingkungan yang kerap menerpa Bali hingga kini. Segara (laut) dan Giri (gunung) keduanya mempunyai nilai sosio-religius yang mempunyai nilai strategis sebagai pangkal kehidupan. Segara Giri menghubungkan dimensi kesadaran dari sumber religi serta bumi.

Sebagai tujuan wisata dunia, Bali wajib mengutamakan kelestarian Lingkungan serta menerapkan peraturan tepat guna pembangunan dengan memperhatikan daya dukungnya. Pengembangan pariwisata di Sanur, tetap akan menjaga kestabilan dengan mengurangi pengaruh dari kerusakan lingkungan.

"SVF akan tetap berusaha mewujudkan aksi nyata untuk Sanur yang lestari sosial, budaya, serta lingkungannya," tambah Gusde, sapaan akrabnya. Selain itu, terus berbenah meningkatkan daya gugah kreasi masyarakat yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan festival.

Acara ini didukung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu yang akan turut serta mengikuti serentetan program Sanur Village Festival, mulai dari membersihkan pantai, pelepasan tukik, pemeliharaan terumbu karang, serta latihan tentang kebersihan. “Ibu Menteri akan mengikuti Sanur Cycling, menyambangi Yoga Asana, serta rangkaian kegiatan festival lainnya pada 28 September 2013 mendatang,” ungkap Gusde.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar